Kembali
FAQ

Menjadi Mitra BaBe

Bagaimana cara mendaftar menjadi Mitra di BaBe?

Sebagai langkah awal menjadi Mitra BaBe, silahkan kirimkan alamat URL situs yang ingin diajukan untuk kerja sama. Kirim ke sini. Setelah itu, kami akan melakukan peninjauan atas kelayakan kualitas konten dari situs Anda. Apabila lolos, kami akan mengirimkan e-form dan e-contract yang wajib diisi lengkap oleh Mitra.

Bagaimana tahapan menjadi mitra BaBe?

  1. Calon Mitra dapat mengirimkan permintaan kerja sama dengan mencantumkan URL dari situs yang ingin dikerjasamakan ("Situs") ke partnership@babe.co.id.
  2. Tim BaBe akan mereview Situs yang akan dikerjasamakan dalam kurun waktu 7 hingga 14 hari kalender.
  3. Setelah lolos review, BaBe akan mengirimkan informasi singkat mengenai mekanisme kerja sama melalui email.
  4. Setelah calon Mitra mengonfirmasi kesediaan untuk bekerja sama dengan BaBe, BaBe akan mengirimkan form partnership dan e-contract untuk diisi oleh Mitra.
  5. Calon Mitra dipersilakan mengisi form partnership tersebut dan mengirimkannya kembali ke BaBe. Setelah email diterima, BaBe akan mengirimkan email konfirmasi berisi data dan akses dashboard Mitra di website BaBe.

Apa saja keuntungan yang didapatkan ketika bekerja sama dengan BaBe sebagai Mitra?

BaBe menawarkan kerjasama dalam bentuk agregasi konten di mana Mitra berhak atas (i) kunjungan traffic dan (ii) pembagian hasil pendapatan.

  1. Traffic Attribution, yaitu kontribusi kunjungan traffic dari tampilan aplikasi BaBe ke Situs Mitra yang dapat dipantau melalui platform tracker Google Analytics milik Mitra.
  2. Revenue Sharing. Pendapatan yang dihasilkan dari pemasangan iklan-iklan pada Konten akan dibagi antara BaBe dan Mitra sesuai dengan Pembagian Pendapatan yang disetujui dalam Form Partnership.
  3. BaBe akan menyediakan tampilan dashboard untuk Mitra agar semua data mengenai Content Sharing, Traffic Attribution dan Revenue Sharing, ditampilkan secara transparan dan dapat dipantau secara independen oleh Mitra.

Berapa lama jangka waktu kerja sama?

Jangka waktu partnership adalah selama 1 (satu) tahun ("Jangka Waktu") dan otomatis diperpanjang untuk jangka waktu 1 tahun setelah berakhirnya setiap Jangka Waktu, kecuali apabila diakhiri lebih awal oleh salah satu Pihak dengan menyampaikan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu dalam waktu 3 (tiga) bulan kepada Pihak lainnya sebelum berakhirnya setiap jangka waktu.

Apakah bisa menjadi kontributor di BaBe?

Saat ini BaBe hanya bekerjasama dengan media - media online dan sudah tidak lagi memiliki program kontributor. Namun, BaBe memiliki fitur opini yang bisa Anda manfaatkan untuk menyalurkan tulisan Anda sebagai user BaBe. Silahkan login ke akun BaBe Anda.

Partner Dashboard

Apa itu Partner Dashboard?

Partner Dashboard adalah dashboard khusus yang kami siapkan agar Mitra untuk dapat mengecek performa artikel, insight, dan pembagian pendapatan selama bekerjasama dengan BaBe. Silahkan untuk mengaksesnya di https://partner.babe.co.id

Saya tidak tahu username dan password Partner Dashboard. Bagaimana cara melihatnya?

Silahkan cek email konfirmasi kerja sama yang telah dikirimkan di awal. Apabila email tidak ditemukan, silahkan menghubungi BaBe melalui partnership@babe.co.id untuk permintaan akses username dan password.

Bagaimana cara menggunakan Partner Dashboard?

  • Daily Analytic: Untuk melihat traffic konten setiap harinya. Mohon dicatat bahwa data akurat akan ditayangkan H+2, tidak real time.
  • Weekly Analytic: Untuk melihat traffic setiap minggu. Mohon dicatat bahwa data akurat akan ditayangkan H+2, tidak real time.
  • Monthly Analytic: Untuk melihat traffic setiap bulan. Mohon dicatat bahwa data akurat akan ditayangkan H+2, tidak real time.
  • Articles: Untuk melihat list artikel yang berhasil dicrawl oleh BaBe dan ditampilkan pada aplikasi BaBe.
  • Ads Report: Untuk melihat pendapatan setelah Agustus 2018 hingga saat ini. Pendapatan bisa dilihat di kolom Est. Revenue dan nominal yang tertera sudah dalam Kurs Rupiah (belum termasuk pajak dan pembagian persentase pendapatan).
    Harap memasukkan Start date - End Date sesuai periode yang dimaksud agar data dapat muncul. Jangan memasukkan periode dengan mengikut sertakan bulan Oktober 2019 di dalamnya karena akan muncul 0. Contoh: pisahkan Juli 2018 - September 2019 saja dan Oktober serta bulan bulan selanjutnya menjadi Oktober 2019 - bulan selanjutnya.
  • FAN Report: Untuk melihat pendapatan periode sebelum Juli 2018. Nominal dalam USD
    *) Tidak berlaku bagi Mitra yang bekerjasama setelah periode Juli 2018.
  • DFP Report: Untuk melihat pendapatan periode sebelum Juli 2018. Nominal dalam IDR
    *) Tidak berlaku bagi Mitra yang bekerjasama setelah periode Juli 2018
  • Untuk mengetahui jumlah pendapatan (sebelum dibagi berdasarkan presentase Revenue Sharing) silakan jumlahkan FAN Report (Awal kerjasama. Contoh: Jan 2018 - Jul 2018) + DFP Report (Awal kerjasama. Contoh: Jan 2018 - Jul 2018) + Ads Report (Aug 2018 - Sep 2019) + Ads Report (Oct 2019 - Sep 2019)

Bagaimana cara mencairkan pendapatan saya sebagai Mitra di BaBe?

Mitra dapat mencairkan pendapatan jika nominal Revenue Sharing telah mencapai minimal IDR 1.000.000 (setelah dibagi sesuai dengan persentase Revenue Sharing sesuai perjanjian di awal kerja sama). Silahkan untuk cek pendapatan anda di partner dashboard https://partner.babe.co.id. Apabila jumlahnya masih kurang dari Rp. 1.000.000, maka apabila Mitra menerbitkan invoice kepada BaBe, BaBe akan menahan pembayaran hingga jumlah pendapatan Mitra telah mencapai Rp 1.000.000,-. Untuk pencairan revenue wajib dilakukan secara manual melalui langkah sebagai berikut:

  1. Mitra mengirimkan emal berisi permohonan untuk dibuatkan Laporan Pendapatan dan mencantumkan periode yang akan dicairkan. Pengajuan request Report dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Apabila melewati tanggal tersebut, akan diproses di request report selanjutnya dan akan diakumulasikan dengan periode bulan selanjutnya.
  2. BaBe akan mengirimkan Laporan Pendapatan ke pihak Mitra paling lambat di minggu ke 3 di bulan tersebut . Nominal yang tertera di Laporan Pendapatan adalah nominal sebelum dipotong pajak yang berlaku.
  3. Merujuk pada Laporan Pendapatan tersebut, Mitra dapat mengirimkan invoice, NPWP dan SIUP.
  4. Pastikan bahwa nomor dan nama rekening di invoice sesuai dengan nama yang diinput di form partnership.
  5. Kami akan memproses pencairan Revenue Sharing tersebut paling lambat 30 hari kerja dari tanggal invoice diterima oleh BaBe.

Konten Bermasalah

Apakah saya bisa mengedit konten yang sudah tayang di BaBe?

Mitra dapat mengedit konten pada laman sumber Mitra. AKAN TETAPI konten yang telah diedit atau disunting tidak secara otomatis terlihat pada konten yang ada di Platform BaBe. Oleh karena itu, apabila Mitra mengedit atau menyunting konten yang telah tayang, mohon segera memberitahukan Tim BaBe, sehingga kami dapat menayangkan konten terbaru pasca edit atau penyuntingan. Selain itu, Mitra juga dapat melakukan proses penghapusan artikel tersebut langsung dari partner dashboard yang telah diberikan aksesnya pada awal kerjasama. (Untuk akses Dashboard Mitra, silahkan cek email record Mitra pada saat mendaftarkan kerjasama di awal)

Tata Cara Menghapus Artikel Dari Dashboard Mitra:

  1. Setelah login, silahkan menuju ke menu 'Article'
  2. Setiap konten yang telah Mitra proses turunkan secara mandiri dapat dilihat pada menu 'Article Drop'
  3. Lihat ilustrasi berikut:

  4. Pastikan Keyword / Judul / Link yang dimasukkan telah benar sesuai dengan artikel yang ingin dihapus.
  5. Pastikan tidak ada kesalahan dalam pengetikan (typo & case sensitive).
  6. Pastikan setting tanggal sudah benar dan sesuai dengan artikel asli yang di publikasikan di awal pada situs Mitra.
  7. Jika semua langkah di atas telah dilakukan, namun tetap tidak dapat ditemukan, silahkan mengecek langsung pada Aplikasi BaBe untuk menemukan artikel yang dimaksud.
  8. Apabila tetap tidak ditemukan, artinya konten Mitra telah diturunkan karena alasan- alasan tertentu (contoh, tidak sesuai dengan Pedoman Komunitas BaBe atau kebijakan internal BaBe lainnya).
  9. Jika masih memiliki keraguan atau pertanyaan, silahkan menghubungi partnership@babe.co.id atau feedback@babe.co.id

Saya adalah Pihak Non-Mitra dan menemukan pemberitaan tentang saya yang tidak sesuai, bagaimana cara saya melaporkan berita tersebut supaya dihapus?

Aplikasi BaBe adalah sebuah platform yang mengagregasi konten dari berbagai sumber Mitra media yang bekerjasama dengan BaBe. Mohon dimengerti bahwa kami tidak turut serta dalam penyusunan artikel atau berita yang tayang pada aplikasi kami.
Oleh karena itu, Pihak yang berhak serta bertanggung jawab atas pengajuan penurunan konten/berita/informasi adalah dari sumber media yang menulis berita asli tersebut.
Silakan menghubungi langsung pihak media terkait perihal pengajuan penghapusan berita. Apabila media terkait telah menghapus berita yang dimaksud dan menginformasikannya kepada BaBe, maka kami akan memproses penurunan berita yang dimaksud di aplikasi BaBe. Sebagai catatan, permintaan penurunan berita yang akan kami proses hanyalah permintaan yang disampaikan secara langsung oleh Mitra kami.

Saya menemukan bahwa ada konten saya yang tidak tayang di BaBe. Bagaimana cara mengatasinya?

Pertama-tama, mohon lihat di Partner Dashboard apakah jumlah artikel yang dicrawl setiap harinya sudah sesuai dengan jumlah artikel yang dipublikasikan. Apabila tidak sesuai, silahkan lihat RSS Feed Anda untuk memastikan tidak terdapat gangguan teknis ataupun invalid/error.
Apabila RSS feed Anda normal namun artikel tetap tidak tayang, silahkan menghubungi kami di partnership@babe.co.id.

Lain-lain

Apakah ada jalur komunikasi lain selain email partnership@babe.co.id?

Tidak ada. Tim BaBe menerapkan kebijakan dan SOP untuk selalu menjalankan bentuk komunikasi via email. Setiap pertanyaan yang masuk ke partnership@babe.co.id akan kami dokumentasikan secara internal dan ditanggapi secepatnya.

Bagaimana cara mengajukan kerja sama dengan BaBe di luar mengenai penyediaan konten, artikel dan berita?

Silahkan mengirimkan detail kerja sama berupa proposal dan profil perusahaan Anda ke email partnership@babe.co.id. Kami akan melakukan peninjauan atas pengajuan kerja sama tersebut dan menghubungi Anda kembali.

Saya bermaksud untuk melanjutkan kerja sama dengan BaBe tetapi situs saya sudah berganti domain. Apa yang harus saya lakukan?

Silahkan hubungi partnership@babe.co.id. Apabila domain baru tersebut menayangkan artikel baru yang berbeda dengan artikel pada domain sebelumnya, kami akan melakukan proses peninjauan konten dan menghubungi Anda kembali.